Di Samping Pengaruhnya Pada Fungsi Ereksi, Apakah Tindak Bedah Atau Radiasi Kanker Prostat Memengaruhi Aspek Fungsi Seksual Lain Misalnya Dorongan Atau Hasrat Seksual, Orgasme, Atau Bahkan Ukuran Penis?

Kanker prostat adalah kanker yang paling sering ditangani dengan tiga jenis terapi. Yang pertama adalah terapi hormonal, yaitu terapi untuk mengurangi sekresi hormon testosterone yang telah diketahui memicu agresifitas kanker. Dua terapi lainnya merupakan terapi yang solutif karena lebih cepat dan lebih efektif dalam mengatasi kanker prostat. Kedua terapi itu adalah pengangkatan kelenjar prostat atau yang sering kita kenal dengan prostatectomy dan terapi radiasi.

Hampir setiap penderita kanker prostat yang menjalani terapi radiasi dan prostatectomy mengeluhkan gangguan ereksi setelah pengobatan. Gangguan tersebut memang normal terjadi pada penderita yang sudah mengalami remisi dari kanker prostat. Terdapat kemungkinan antara 40% hingga 75% bahwa seorang penderita mungkin mengalami gangguan ereksi atau malah disfungsi ereksi setelah menjalani pengobatan. Sejauh ini, terapi hormon testosterone tidak mempengaruhi kemampuan erektil secara signifikan. Tetapi ada tidak sih, pengaruh lain dari pengobatan ini terhadap aspek seksual seorang pria?

Aspek seksual yang dimaksud adalah gairah seksual, orgasme, ukuran penis dan aspek lainnya dalam peran pria sebagai partner seks seorang wanita. Dari ketiga pengobatan tersebut, yang anda paling perhatikan tentunya adalah terapi hormon. Terapi ini memiliki tujuan utama untuk menghambat seluruh pemicu produksi hormon testosterone di seluruh tubuh. Seperti yang kita semua ketahui bahwa hormon testosterone adalah hormon seksual lelaki. Kekurangan hormon bisa saja mempengaruhi terhadap gairah seorang pria, dan juga keinginan untuk melakukan hubungan seksual yang lebih dominan. Efeknya yang jelas akan terlihat muncul pada perilaku seksual. Pria yang seharusnya menjadi dominan dan mengatur tempo hubungan seksual agak melemah, tetapi efek tersebut tidaklah signifikan dan bisa diatasi dengan sedikit bantuan obat-obatan. Testosterone juga akan mempengaruhi jumlah sel sperma yang diproduksi. Ketika orgasme terjadi dan anda berejakulasi, kemungkinan, cairan sekret yang keluar kemungkinan lebih encer dan lebih sedikit. Selebihnya, mengenai ukuran penis dan sebagainya tidak bepengaruh. Ukuran penis tidak bisa berkurang selayaknya tidak bisa bertambah secara alami setelah dewasa.

Selengkapnya klik Pengobatan Kanker Prostat.

250Prosedur lainnya berbeda dengan terapi hormon, karena terapi lainnya memiliki dampak yang sangat fisikal. Ketika ditinjau, setelah operasi pengangkatan prostat,dan jika anda tidak mengalami disfungsi ereksi yang permanen, anda bisa melakukan hubungan seks dengan sesuatu yang hilang. Sesuatu tersebut bisa dibilang sesuatu yang sangat psikologis, bisa dibilang hal itu adalah sensasi enak dari orgasme. Anda masih bisa merasa nikmat ketika berhubungan seksual, tetapi sensasi berdenyut-denyut yang tercipta ketika anda orgasme akan hilang karena penyebab dari sensasi tersebut adalah kelenjar prostat yang berkontraksi dan berelaksasi dengan cepat. Karena prostatectomy, anda tidak punya lagi prostat sudah barang tentu sensasi tersebut akan hilang. Karena biasanya penyakit kanker prostat terjadi pada pria lanjut usia, maka hal ini dianggap efek samping yang tidak signifikan dengan asumsi, istri sang pria sudah menopause, dan si pria sendiri sudah mengalami sexual decline atau sering disebut menopause.

Sementara itu, terapi dengan radiasi bisa memiliki efek yang tidak terkira. Radiasi memungkinkan banyak sel dan jaringan rusak. Karena lingkup sistem seksual dan uriner adalah lingkup yang kecil, kerusakan mungkin terjadi pada area yang luas. Anda mungkin mengalami rasa sakit dan rasa nyeri ketika organ seksual atau urinal anda aktif. Rasa sakit ini bisa menyebabkan otak anda memprioritaskan rasa sakit dan mengabaikan sinyal seksual. Hubungan seksual jadi gagal karena anda gagal untuk ereksi. Hal ini merupakan kemungkinan yang wajar mengingat terapi yang dilakukan. Namun sekali lagi, si pria dianggap sudah mengalami sexual decline dan efek samping ini sering dikesampingkan.

Baca pengalaman mereka yang berhasil lolos dari kanker prostat klik Pengalaman Mengatasi Kanker Prostat.

 

 

   

Mohon Diisi Dengan Pak/Bu

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Nomor Hp Anda

Mohon Isi Email Anda

Jika Sudah Diisi Lengkap