Apakah Kanker Prostat Memiliki Risiko Tinggi Sehingga Berujung Pada Kematian?

42

Kanker prostat merupakan penyakit yang banyak diderita oleh pria yang berusia lanjut dan merupakan penyebab kematian kanker ketiga yang diderita oleh pria. Penyebaran kanker prostat ada yang bersifat sangat lambat dan agresif, bahkan penyebarannya sampai ke tulang dan paru-paru. Belum diketahui pasti mengapa kanker prostat menyerang tulang, terutama tulang punggung bagian bawah, pinggul dan paha bagian atas.

Selengkapnya klik Pengobatan Kanker Prostat.

Pertumbuhan kanker prostat umumnya memang terjadi sangat perlahan tanpa gejala dan bertahan, maka dari itu kanker prostat sering disebut pembunuh tanpa gejala. Kanker prostat yang telah menyebar di dalam tubuh seorang penderita, maka penderita tersebut akan mengalami anemia dan dapat menyebar ke otak yang menyebabkan gejala mental serta kejang dan apabila telah sampai ke paru-paru dapat menjadi risiko kematian yang sangat tinggi. Kanker prostat dapat mengganggu metabolisme di dalam tubuh dan menimbulkan masalah buang air kecil maupun buang air besar. Tidak hanya itu, kanker prostat juga mengganggu sistem reproduksi pria. Selain itu, terdapat faktor-faktor risiko yang menyebabkan kanker prostat yang dapat berujung pada kematian. Faktor-faktor risiko tersebut diantaranya : 

  1. Faktor usia., Kanker prostat biasanya banyak menyerang pada pria berusia diatas 65 tahun. Semakin tua usia, maka semakin tinggi terkena kanker prostat.
  2. Pria yang mengalami kegemukan atau obesitas.
  3. Mengkonsumsi banyak bahan makanan dengan kadar lemak hewani yang sangat tinggi atau konsumsi daging merah.
  4. Pria yang melakukan hubungan seks pada usia dini.
  5. Pria yang suka berganti pasangan seksual lebih dari satu.
  6. Faktor genetik. Faktor genetik merupakan faktor risiko paling tinggi terkena kanker prostat yang dapat berakibat pada kematian. Apabila salah satu anggota keluarga memiliki riwayat kanker prostat, dianjurkan untuk keturunan anggota keluarga tersebut melakukan pendeteksian dini sejak usia 40 tahun sebelum terlambat.
  7. 250Pola makan yang tidak sehat, seperti seringnya makan makanan kaleng, makanan cepat saji dan makanan yang mengandung bahan pengawet dapat meningkatkan risiko kanker prostat.
  8. Gaya hidup yang kurang baik, seperti sering merokok, mengkonsumsi alkohol.
  9. Faktor lingkungan., Pria yang bekerja di pabrik atau lebih sering bekerja di luar ruangan lebih berisiko terkena kanker prostat karena asap atau debu yang ditimbulkan oleh lingkungan di luar ruangan dapat memicu adanya kanker.
  10. Hormon pria. Hormon pria dapat memperlancar pertumbuhan kanker prostat di dalam tubuh, oleh karenanya pria yang menderita kanker prostat hendaknya melakukan terapi hormon yang dapat menghentikan produksi hormon pria.

faktor-faktor risiko di atas dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung sayur dan buah-buahan karena mengandung vitamin serta mineral. Tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan rajin-rajinlah berolah raga karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Baca pengalaman mereka yang berhasil lolos dari kanker prostat klik Pengalaman Mengatasi Kanker Prostat.

 

 

   

Mohon Diisi Dengan Pak/Bu

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Nomor Hp Anda

Mohon Isi Email Anda

Jika Sudah Diisi Lengkap