Apakah Dokter Bisa Memutuskan Berdasarkan Observasi Pembedahan Apabila Saya Sudah Pulih Atau Belum, Begitu Tindak Bedah Kanker Prostat Selesai?

60

Pada saat dilakukan tindakan bedah; maka dokter yang melakukan prosedur bedah kanker prostat juga dapat secara langsung melakukan pengamatan kondisi jaringan yang mengalami pertumbuhan sel kanker. Pada saat itu; ada kemungkinan dokter dapat memutuskan tingkat keberhasilan dari tindakan pembedahan yang telah dilakukan. Namun keputusan atau tingkat validitas keberhasilan dari tindakan bedah kanker prostat yang telah dilakukan tetap membutuhkan proses observasi berdasarkan perkembangan dari proses kesembuhan setelah tindakan bedah untuk mengangkat jaringan sel kanker yang ada.

Sel kanker merupakan sel dalam jaringan yang telah mengalami mutasi sehingga memiliki pertumbuhan liar yang tidak terkendali. Sel kanker pada jaringan kelenjar prostat merupakan bagian dari jaringan yang diambil ketika dilakukan prosedur bedah untuk kanker prostat. Dokter dapat melakukan observasi mengenai jaringan mana yang merupakan jaringan hasil pertumbuhan sel kanker dan akan memutuskan seberapa besar bagian jaringan dari kelenjar prostat yang akan diangkat dengan prosedur bedah yang akan dilakukan. Namun hasil atau tingkat keberhasilan tindakan bedah untuk mengatasi masalah kanker prostat tidak serta merta dapat dipastikan atau diputuskan ketika prosedur bedah dilakukan ataupun sesaat setelah prosedur bedah selesai dilakukan.

Selengkapnya klik Pengobatan Kanker Prostat.

250Resiko – resiko tumbuhnya kembali sel kanker di kelenjar prostat akibat adanya sel kanker yang tersisa pada jaringan kelenjar prostat ataupun tumbuhnya sel kanker baru di lokasi lain pada jaringan kelenjar prostat akan selalu tetap ada. Atas dasar itulah kebanyakan pasien yang telah menjalani prosedur tindakan bedah kanker prostat masih membutuhkan terapi lanjutan baik itu berupa terapi hormon ataupun terapi radiasi. Kedua bentuk terapi tersebut seringkali dilakukan bersamaan secara sinergis setelah dilakukannya tindakan bedah kanker prostat; alasan mengenai kebutuhan dilakukannya terapi tersebut adalah untuk mencegah atau memastikan tidak terjadi pertumbuhan sel kanker lagi pada kelenjar prostat. Dalam banyak kasus; terapi perlu dilakukan beberapa kali selama durasi waktu tertentu setelah tindakan bedah kanker prostat dilakukan.

Selain itu ada pula tindakan lain yang juga biasanya dilakukan paska tindakan bedah kanker prostas seperti pengelolaan diet atau menu makanan. Sesaat setelah operasi biasanya dilakukan prosedur intravena atau penggunaan infus guna memenuhi kebutuhan suplemen gizi tertentu. Namun seiring dengan proses kesembuhan paska tindakan bedah maka pasien dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein dan serat yang tinggi. Bahan makanan dengan zat anti kanker seperti wortel, jamur serta kacang – kacangan juga dapat dikonsumsi. Pengaturan menu dan dilakukannya terapi lanjutan berupa terapi hormon dan radiasi dilakukan guna memastikan tindakan bedah yang telah dilakukan benar – benar telah membuang sel kanker pada jaringan kelenjar prostat serta tidak terjadi pertumbuhan ulang sel kanker setelah tindakan bedah.

Baca pengalaman mereka yang berhasil lolos dari kanker prostat klik Pengalaman Mengatasi Kanker Prostat.

 

 

   

Mohon Diisi Dengan Pak/Bu

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Nomor Hp Anda

Mohon Isi Email Anda

Jika Sudah Diisi Lengkap