Apa Keuntungan Dan Kerugian Pendekatan Metode Terapi Radiasi Yang Digunakan Untuk Pengobatan Kanker Prostat?

51

Kanker prostat yaitu sejenis kanker yang ditemui pada prostat laki-laki berusia di atas 50 tahun. Prostat sendiri merupakan kelenjar sebesar buah kenari yang berfungsi sebagai tempat produksi air mani. Kanker prostat pada umumnya berkembang secara bertahap. Pengobatan dini pada stadium awal jelas akan memberi hasil yang lebih baik. Akan tetapi, seperti halnya semua jenis kanker gejala penyakit baru disadari penderita setelah memasuki stadium akhir. Pada awalnya kanker prostat tidak memicu bahaya serius, tetapi lambat laun kanker dapat menyebar ke luar prostat dan menyebabkan kematian. Oleh karena itulah, kanker prostat termasuk kanker yang ganas dan mematikan. Mengenai pengobatan sebenarnya ada beberapa metode yang dapat dipilih. Adapun metode terapi dengan radiasi biasanya disarankan untuk mengobati kanker prostat tingkat dini. Apa keuntungan dan kerugian pendekatan metode terapi radiasi yang digunakan untuk pengobatan kanker prostat?

Untung Rugi Metode Terapi Radiasi

Metode terapi radiasi untuk pengobatan kanker prostat merupakan metode pengobatan yang memanfaatkan radiasi yang berasal dari energi radioaktif. Energi yang digunakan dalam terapi pun cukup tinggi karena digunakan untuk membunuh sel-sel kanker tanpa sisa. Metode terapi radiasi untuk selanjutnya dibagi menjadi beberapa macam yaitu radiasi internal, radiasi eksternal, dan radiasi sistemik. Adapun metode yang lebih sering digunakan hanyalah radiasi internal dan radiasi eksternal saja. Radiasi internal dilakukan dengan caran menanam benih radioaktif dengan dosis yang redah di dalam prostat penderita kanker. Adapun radiasi eksternal dilakukan dengan menyinari tubuh penderita dengan sinar proton atau sinar-X.

Selengkapnya klik Pengobatan Kanker Prostat.

250Keuntungan penggunaan metode terapi radiasi untuk pengobatan kanker prostat yaitu dapat menghancurkan sel-sel kanker secara tuntas. Metode terapi radiasi pun sering dilakukan pasca upaya pembedahan guna membersihkan sel-sel kanker yang mungkin masih tersisa. Hanya saja metode terapi radiasi ini memiliki efek samping. Efek samping dari metode terapi radiasi penyakit kanker prostat ini memang tidak selalu ada. Akan tetapi, beberapa pasien ada yang merasakan rasa tidak nyaman dan beberapa pasien yang lain mendapati efek samping yang cukup parah.

Efek samping terapi radiasi terkadang muncul setelah beberapa hari sejak terapi. Namun, ada pula yang baru merasakan efek samping setelah beberapa bulan atau tahun berselang. Efek samping yang muncul biasanya berupa rasa lemas tidak bertenaga. Efek tersebut muncul akibat tubuh membutuhkan banyak energi agar sel sehat yang rusak akibat radiasi dapat kembali pulih. Efek samping lain yang muncul yaitu adanya perubahan warna kulit. Beberapa pasien mendapati kulit mereka menjadi kemerahan, gosong, kering, iritasi, dan terasa gatal khusunya di bagian yang terdapat lipatan tubuh. Namun, tidak perlu khawatir karena efek samping tersebut akan hilang bila terapi radiasi dihentikan.

Baca pengalaman mereka yang berhasil lolos dari kanker prostat klik Pengalaman Mengatasi Kanker Prostat.

 

 

   

Mohon Diisi Dengan Pak/Bu

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Nomor Hp Anda

Mohon Isi Email Anda

Jika Sudah Diisi Lengkap