Apa Keuntungan Dan Kerugian Pendekatan Metode Bedah Yang Digunakan Untuk Tindak Bedah Kanker Prostat?

52

Penentuan cara pengobatan kanker prostat mempertimbangkan beberapa faktor. Pada umumnya dokter akan mempertimbangkan umur, faktor risiko, kondisi medis, adanya tidaknya penyakit signifikan seperti diabetes, tingkat PSA, gleason score, tingkat penyebaran penyakit kanker prostat, dan status DRE atau pemeriksaan dubur pasien kanker prostat. Pada pasien yang dinyatakan memiliki kondisi kesehatan yang baik pada umumnya akan ditawarkan metode bedah. Metode bedah untuk tindak bedah kanker prostat pun dikenal sebagai radical prostatectomy atau pembedahan dengan cara mengangkat kelenjar prostat, jaringan di sekitar kelenjar prostat, dan jaringan di bagian belakang kandung kemih atau seminal vesicles.

Metode bedah untuk tindak bedah kanker prostat dapat dilakukan dengan 2 cara. Kedua cara tersebut yaitu open radical retropubic prostatectomy dan da vinci robot-assisted laparoscopic radical prostatectomy. Cara yang pertama atau open radical retropubic prostatectomy yaitu tidakan bedah dengan mengeluarkan kelenjar prostat dan seminal vesicles melalui sayatan berukuran 15 cm di bawah pusar atau tepatnya di garis tengah perut. Adapun cara yang kedua yaitu da vinci robot-assisted laparoscopic radical prostatectomy merupakan metode bedah dengan menggunakan teknologi robot da vinci. Cara kedua ini memungkinkan adanya proses penyembuhan yang lebih cepat dan minim rasa sakit pasca bedah. Meski cara pembedahan ini sebenarnya umum dilakukan, tetapi masih ada satu pertanyaan yang membayangi pasien. Apa keuntungan dan kerugian pendekatan metode bedah yang digunakan untuk tindak bedah kanker prostat?

Selengkapnya klik Pengobatan Kanker Prostat.

Apa Keuntungan dan Kerugian Metode Bedah?

250Perlu Anda ketahui bahwa metode bedah untuk tindak bedah kanker prostat dapat mengangkat seluruh kelenjar prostat. Hal ini berarti metode ini dapat memungkinkan dokter patologi untuk melakukan pemeriksaan secara lengkap. Dari adanya penilaian histologis akan diketahui mengenai tingkat dari parah tidaknya kanker prostat yang diderita. Selain itu, info terkait ada tidaknya kemungkinan kanker prostat dapat kembali kambuh dan pengobatan tambahan yang diperlukan juga dapat diketahui. Setelah kelenjar prostat pasien diangkat, maka tingkat PSA dapat turun pada tingkat yang tidak terdeteksi. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk memantau bila kanker kembali muncul. Pasca melakukan bedah, teknik radiasi juga bisa dilakukan bila diperlukan.

Sayangnya metode bedah untuk tindak bedah kanker prostat memiliki risiko komplikasi. Pada beberapa pasien tidak menutup kemungkinan dapat terjadi komplikasi prostatectomy. Komplikasi tersebut berupa kebocoran kemih baik tingkat ringan atau sedang setelah dilakukan tindakan bedah. Adapun beberapa pasien lain juga memiliki kemungkinan mendapati masalah sulit ereksi sehingga membutuhkan pengobatan tambahan guna mengatasi impotensi. Setiap metode pengobatan tidak dipungkiri memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Untuk itu, pihak pasien pun berhak mengetahuinya sebelum dilakukan upaya pengobatan. Pihak dokter hanyalah menyarankan upaya terbaik, tetapi keputusan tetap kembali kepada pasien itu sendiri.

Baca pengalaman mereka yang berhasil lolos dari kanker prostat klik Pengalaman Mengatasi Kanker Prostat.

 

 

   

Mohon Diisi Dengan Pak/Bu

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Nomor Hp Anda

Mohon Isi Email Anda

Jika Sudah Diisi Lengkap